food fotografi-cireng isi



Cireng Isi
            Makanan terbukti tidak dapat lepas dari kehidupan manusia, seiring berjalannya waktu membuat olahan makanan juga semakin modern dan dikemas sedemikian rupa. Seperti halnya cemilan yang kecil unik adalah cireng. Cireng adalah makanan yang berasal dari daerah Sunda. Cireng salahsatu makanan yang sudah banyak di gemari masyarakat, dari kalangan anak muda hingga lanjut usia. Berkembangnya zaman sekarang makanan ini sering mudah ditemui seperti di mall, swalayan, pinggir jalan, maupun di lingkungan sekolah, karena selain rasanya yang nikmat dari segi harga juga terjangkau dan sudah terbukti halal. Makanan ini biasa dibuat dengan cara digoreng dan terbuat dari bahan dasar tepung tapioka dan tepung terigu. Makana ini memiliki varian rasa mulai dari rasa sosis, rasa daging ayam, rasa baso dan rasa keju juga masih banyak lagi varian rasa yang lainnya. Cireng dibuat dan diolah dengan berbagai campuran bumbu serta dicampurkan berbagai isi seperti daging, sosis ke dalam adonan aci. Bentuk cireng semakin berkembang dan unik yang bertujuan untuk membuat konsumen tertarik untuk mencobanya bentuknya beraneka ragam seperti bintang, segitiga, hati, bunga, lingkaran, dan masih banyak bentuk lainnya.
            Banyaknya penggemar cireng membuat masyarakat ingin memilki bisnis dari cireng tersebut, selain membuat cireng isi yang gampang dan mudah dengan bahan-bahan yang digunakan juga simple serta gampang untuk di dapatkan. Tentunya dari segi bahan tersebut sangat terjangkau dan gunakanlah bahan yang memilki kualitas terbaik untuk dagangan agar menghasilkan rasa yang lezat. Cireng ini juga sangat mudah dan sederhana apabila kita ingin membuatnya sendiri di rumah.
Resep membuat cireng isi
Bahan-bahan :
·         Tepung tapioca 250 gram
·         Kaldu ayam bubuk ¾ sdt
·         Iris halus daun bawang 1 batang
·         Garam 1 sdt
·         Minyak untuk menggoreng
·         3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
·         Merica bubuk ¼ sdt
Bahan isi dalam cireng :
·         Cincang dan haluskan 2 siung bawang putih
·         Cincang dan haluskan 2 buah cabai rawit (bisa gunakan cabai merah)
·         Ayam cincang atau ayam giling 125 gram
·         Cincang cabai keriting sesuai selera
·         1 batang daun bawang
·         Merica bubuk ¼ sdt
·         Sedikit minyak goreng untuk menumis
·         Gula pasir ¼ sdt
·         Garam ½ sdt
Cara pembuatan :
1.      Panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang putih, cabai sampai harum. Selanjutnya masukan ayam yang sudah disiapkan dan diaduk sampai berubah, lalu masukan merica bubu, garam, gula, dan aduk sampai merata.
2.      Masukan daun bawang, merica bubuk, garam, bawang putih, serta kaldu ayam yangsudah disiapkan dan diaduk hingga merata.
3.      Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit dan terus diaduk sampai adonan menjadi kalis dan mudah dibentuk. Lalu ambillah sedikit adonan dan masukan tumisan ayam sebagai isi, lalu pipihkan dan bentuk sesuai dengan keinginan.
4.      Panaskan minyak dalaam penggorengan dengan api sedang, goreng cireng sampai berubah warna menjadi kecoklatan serta matang merata.
5.      Jika sudah, angkat cireng dan tiriskan
6.      Cireng isi ayam siap untuk dinikmati.

0 komentar :

Posting Komentar

Cancel Reply